Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19

Authors

  • Oktafia Ika Handarini Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Sri Wulandari

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p496-503

Keywords:

online learning, Covid 19, Study From Home

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kegiatan pembelajaran daring di rumah peserta didik sebagai upaya mendukung program pemerintah yaitu study from home selama adanya pandemik covid 19 serta tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran daring selama sekolah masih diliburkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan, sehingga pengumpulan informasi serta data didapatkan dengan teknik dokumentasi yaitu pencarian data mengenai hal-hal yang relevan dari berbagai sumber yang ada di perpustakaan seperti buku, majalah, berita, ataupun dokumen lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring yang dilakukan dirumah masing-masing membuat peserta didik lebih mandiri dan menciptakan motivasi untuk belajar. Selain itu pembelajaran daring menjadi salah satu keberhasilan untuk menciptakan perilaku social distancing sehingga meminimalisir munculnya keramaian yang dianggap dapat berpotensi semakin menyebarnya covid 19 di lingkungan sekolah.

References

Bell, D., et al. (2006). Nonpharmaceutical Interventions for Pandemic Influenza, National and Community Measures. Emerging Infectious Diseases Journal. Vol. 12 No. 1.
BPS (Badan Pusat Statistik). 2019. Presentase rumah tangga yang memiliki telepon selular aktif 2012-2016. https://bps.go.id. diakses pada 16 Mei 2020.
Caley, P., Philp, D. J., & Mccracken, K. (2008). Quantifying Social Distancing Arising from Pandemic Influenza. Journal of The Royal Society Interface, Vol. 5, 631-639.
Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 2 Nomor 1 Halm 55-61.
Din. CNNIndonesia. (n.d.-a). 4 Aplikasi Video Conference Yang Irit Dan Boros Data. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200330191529-185-488422/4-aplikasivideo-conference-yang-irit-dan-boros-data. diakses pada Mei 2020.
Fey. CNNIndonesia. (n.d.-b). 65 Kampus Kuliah Dari Rumah, Sultan Yogya Ragukan Efektivitas. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200316110707-20-483756/65-kampus-kuliah-dari-rumah-sultan-yogya-ragukan-efektivitas. diakses pada Juni 2020.
Firman & Sari. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal Of Educational Science (IJES), Volume 02 No 02.
Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education. Vol. 19 Pages 18-26.
Hasanah, dkk. 2020. Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan. Volume 1 No.1.
Kompas.com. 2020. Bersiap tameng ekonomi untuk dampak wabah corona. https://jeo.kompas.com/bersiap-tameng-ekonomi-untuk-dampak-wabah-corona. diakses pada 13 Mei 2020.
Kompasiana. 2020. Pembelajaran daring efektif? .https://www.kompasiana.com/arditasyalwa/5e7ba8d6097f36116506b8a2/ pembelajaran-daring-efektif. diakses pada 14 Mei 2020.
Kuo, et al. (2014). Interaction, Internet self-efficacy, and self-regulated learning as predictors of student satisfaction in online education courses. Volume 20, pages 35-50.
Kusniyah & Hakim,L . (2019). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, Vol. 17 No.1.
Kwon, M., Lee, J. Y., Won, W. Y., Park, J. W., Min, J. A., Hahn, C., ¦ Kim, D. J. (2013). Development and Validation of a Smartphone Addiction Scale (SAS). PLoS ONE. Vol. 8 No.2.
Lestari, Selvy Windy. 2020. Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Dalam Masa Pandemi Ditinjau Dari Media Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 2 No. 3.
Martins, M. de L. (2015). How to Effectively Integrate Technology in the Foreign Language Classroom for Learning and Collaboration. Procedia - Social and Behavioral Sciences. Vol. 174, Halm. 7784.
Purwanto dkk. 2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology, and Counselling. Volume 2 No. 1.
Rothan, H. A., & Byrareddy, S. N. (2020). The Epidemiology and Pathogenesis of Coronavirus Disease (Covid-19) Outbreak. Journal of Autoimmunity, Volume 109 No. 1-4.
Siddiqui, S., & Singh, T. (2016). Social Media its Impact with Positive and Negative Aspects. International Journal of Computer Applications Technology and Research. Volume 5 Issue 2, 71 - 75.
Sofyana & Abdul. 2019. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. Volume 8 Nomor 1, Halm. 81-86.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Direktorat Pendidikan Tinggi No. 1 Tahun 2020
Undang-Undang Kekarantinaan Kesehatan Pasal 59 Ayat 3 (2020).
Wikipedia. Template:Covid19 pandemic data.https://en.wikipedia.org/wiki/Template:COVID-19_pandemic_data. diakses pada 13 Mei 2020
Wulandari. (2018). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Kewirausahaan melalui Lesson Study Berbasis Pantai dan Laut. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), Vol. 5 No. 2.
Zhang, et al. (2004). Can e-learning replace classroom learning? Communications of the ACM.Vol. 47 No.5.

Downloads

Published

2020-07-17
Abstract views: 49600 , PDF Downloads: 139254