Pengembangan Lembar Kerja Anak Dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Sains Anak Usia Dini

Authors

  • Hardiyanti Pratiwi
  • Mustaji .

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p23-31

Keywords:

Perangkat Pembelajaran, Stretegi CTL, Hasil belajar

Abstract



Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan perangkat CTL di kelas IV sekolah dasar, mendeskripsikan hasil validasi dan hasil belajar dari implementasi perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang direduksi menjadi 3-D, yaitu define, design, dan develop. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliput rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja siswa (LKS), dan tes hasil belajar (THB) yang diujicobakan pada kelas IV B sebagai eksperimen terdiri atas 30 siswa, dan kelas IV A sebagai kelas control terdiri atas 30 siswa di SD GMIT Ende. Uji coba perangkat pada penelitian ini menggunakan pre-tes dan post tes dengan teknik analisis statistik.

Instrument penelitian terdiri atas lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, lembar aktifitas siswa, lembar angket respon siswa, dan lembar tes hasil belajar siswa serta lembar kendala-kendala. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, dan angket.


Abstract

Analisis hasil penelitian diperoleh fakta bahwa penggunaan perangkat pembelajaran dengan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa 43,33% (pada pre-tes) sementara pada post tes menjadi 100%. Hasil belajar siswa tergolong sangat baik dengan rata-rata jawaban benar 87,66 untuk tes hasil belajar.

This study aims to describe the development of CTL in the fourth grade of primary school, describe the results of the validation and implementation of the learning material through 4-D model of development which is reduced to 3-D, namely define, design, and develop. The materials covers the lesson plan (RPP), students worksheet (LKS), and the test results (THB) taken from the fourth grade (Class IV B) as the experiment consisted of 30 students, and class IV A as the control class consists of 30 students in  SD GMIT Ende. Testing device in this study uses pre-test and post-test with statistical analysis techniques.

Moreover, research instrument consists of a sheet of observation for teaching and learning process, students questionnaire sheets, student achievement test sheet, and constraints. The data were collected by observation techniques, test, and questionnaire.

The results indicated that the use of learning materials with CTL approach can improve student learning outcomes 43.33% (the pre-test) while the post-test to 100%. Student learning outcomes as very good with an average of 87.66 correct answers in test outcomes.

Based on the above results, it can be concluded that the CTL in the fourth graders of elementary school is valid and is able to improve their learning outcomes. It is expected that this research will be useful for teachers in developing such instructional design oriented towards the development of CTL strategy to learning with other study materials.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Bandung: Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. (2010). Media pembelajaran. Bandung: Rajawali Pers
Dick, W., Carey, L., and Carey, James O. (2001). The systematic design of instruction. USA: Longman

Lestari, Ika. (2013). Pengembangan bahan ajar berbasis kompetensi. Padang: PT. Indeks

Murdan. (2006). Statistik pendidikan dan aplikasinya. Banjarmasin: Cyprus

Mustaji. Teori, model, dan penelitian pengembangan dalam perspektif teknologi pembelajaran diunduh dari http://pasca.tp.ac.id/site/desain -pembelajaran-dengan-model-r2d2, pada tanggal 9 Oktober 2013

Nugraha, Ali. (2005). Pengembangan pembelajaran sains pada anak usia dini. Bandung: Jilsi Fondation Ocedtheories.wikispaces.com. Comparing instructional systems design (ISD) and constructivist approaches. Diunduh dari ocedtheories.wikispaces.com pada 20 Juni 2014

Pereira, Sara J., Rodrigues, M.J., Martins, I.P., and Vieira, R.M.. (2011). œPre-school science education in Portugal: teacher education and innovative practices. The journal of emergent science. Vo.. 1 No.23, pp. 23-31.

Prastowo, Andi. (2012). Panduan kreatif membuat bahan ajar demokratis. Jogjakarta: Diva Press

Roos, Teunis. (2012). The R2D2 model of instructional design. Diunduh dari
http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/The_R2D2_Model_of_Instructional_Design pada tanggal 19 Desember 2013

Roza, Mela Murti. (2012). œPelaksanaan pembelajaran sains anak TK Aisyiyah Bustanul Athfal 29 Padang. Pesona PAUD Jurnal Ilmiah PG PAUD. Vol. 1 No. 1. Diunduh dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud pada tanggal 9 Oktober 2013

Slavin, Robert E. (2009). Psikologi pendidikan teori dan praktek jilid 1. Jakarta: PT. Indeks Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suyanto, S. (2005). Dasar-dasar pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing

Trundle, K.C. (2005). Teaching science during the early childhood years. Diunduh dari Hampton-Brown. NGSP.com pada tanggal 18 Desember 2013

Yulianti, Dwi. (2010). Bermain sambil belajar sains di taman kanak-kanak. Jakarta: PT. Indeks

Downloads

Published

2016-04-30

How to Cite

Pratiwi, H., & ., M. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Anak Dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Sains Anak Usia Dini. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 1(1), 23–31. https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p23-31
Abstract views: 3143 , PDF Downloads: 1254