Evaluasi Potensi Fisik Siswa Sebagai Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (Studi pada SMP Sederajat di Kabupaten Jember)

ardi bernis wiranata

Abstract


  1. Kondisi kebugaran jasmani siswa setelah pembelajaran Penjasorkes di sekolah SMP/ Sederajat di Kabupaten Jember ada peningkatan, tetapi masih dalam rata-rata kategori kurang.
  2. Komponen biomotor kekuatan (strength), kelentukan (flexibility), komposisi tubuh (IMT), daya tahan (endurance) ada peningkatan setelah pembelajaran Penjasorkes di sekolah SMP/ Sederajat di Kabupaten Jember.
  3. Komponen biomotor kecepatan (speed), daya (power), kelincahan (agility), keseimbangan (balance), koordinasi (coordination), kecepatan reaksi (reaction speed) ada peningkatan setelah pembelajaran Penjasorkes di sekolah SMP/ Sederajat di Kabupaten Jember.
  4. Hasil kebugaran jasmani siswa belum menjadi tujuan proses belajar Penjasorkes di sekolah SMP/ Sederajat di Kabupaten Jember.
  5. Potensi fisik belum dijadikan komponen evaluasi hasil belajar Penjasorkes oleh guru di sekolah SMP/ Sederajat di Kabupaten Jember.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Renika Cipta.

Giriwijoyo, H.Y.S. Santosa., Didik Zafar Sidik. (2012). Ilmu Faal Olahraga (Fisiologi Olahraga). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Harsuki. (2003). Perkembangan Olahraga Terkini. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Kusnanik, N.W., Nasution, J., dan Hartono, S. (2011). Dasar-Dasar Fisiologi Olahraga. Unesa: University Press.

Lutan, Rusli. (1998). Manusia dan Olahraga. Bandung: ITB Dan FPOK/ IKIP Bandung.

Maksum, Ali. (2012). Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.

Nurhasan. (2011). Menjaga Kebugaran Jasmani. Gresik: Abil Pustaka.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta.

Program Pascasarjana. (2012). Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Surabaya: Unesa.

Roji dan Eva Yulianti. (2014). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

SriUndy M., I.Made. (2010). Evaluasi Pengajaran. Surabaya: Unesa University Press.

(2009).”Profil Kebugaran Jasmani Anak Usia 07 s/d 13 Tahun sebagai Sasaran Evaluasi Penjasorkes”. Surabaya: Jurnal Pendidikan Dasar Vol.10, No.1 Maret 2009 (94-106).

Sudijandoko, Andun. (2008). “Evaluasi Pendidikan Jasmani dalam Pendekatan Portofolio”. Universitas Negeri Surabaya: Jurnal Pelangi Ilmu Vol.2, No.2 Juli-Desember 2008. Diunduh pada tanggal 21 April 2015 dari http://pelangiilmu.jurnal.unesa.ac.id/.

Suharjana. (2012). “Pengukuran Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa SD Di Kabupaten Banyumas Jawa Tengah Sebagai Dasar Evaluasi Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Sekolah”. Yogyakarta: Indonesian Sport Scientist Association. Jurnal Ilmiah Keolahragaan, No.1,Th.I, Februari 2012, Nomor ISSN: 2252-3375. Diunduh pada tanggal 8 Maret 2017 dari http//www.issa-indonesia.com.

Wiyogo, W.D dan Sulistyorini. (1990). Pengetahuan Kesegaran Jasmani. Malang: IKIP.



Article Metrics
Abstract view: 23 times
PDF: 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JOSSAE (Journal of Sport Science and Education)  E-ISSN : 2548-4699

Indexed by :

     

 

Alamat Penyunting dan Tata Usaha

Sekretariat JOSSAE. Gedung U1 Lantai 2

FIK - Unesa Lidah Wetan, 60213 Surabaya - Jawa Timur

Phone: 031-7532571 Fax 031-7532759

Whatssapp: +4915175575317, 081235964624

Hmepage : http : //fik.unesa.ac.id

E-mail: jossae.fik@unesa.ac.id

 

 

 

Journal of Sport Science and Education (JOSSAE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License