ANALISIS KETERSEDIAAN LAHAN UNTUK TEMPAT PEMAKAMAN UMUM (STUDI KASUS TEMPAT PEMAKAMAN UMUM SEMPER, KELURAHAN SEMPER TIMUR, KECAMATAN CILINCING, KOTA ADMINISTRASI JAKARTA UTARA)

Authors

  • Divyana Sudiro Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.26740/jggp.v18n2.p105-118

Keywords:

Ketersediaan, Lahan Pemakaman, Jenazah, Tempat Pemakaman Umum (TPU) Semper

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Ketersediaan lahan untuk pemakaman di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Semper dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan penggunaan lahan pemakaman. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan survei. Memperoleh informasi lain dengan menjadikan informan (narasumber) dalam pengumpulan data primer. Informan tersebut adalah Pengelola TPU Semper. Teknik analisis data yang menggunakan beberapa perhitungan terhadap ketersediaan lahan pemakaman yang kemudian dianalisis secara deskriptif pada setiap poin pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TPU Semper memiliki tiga unit pemakaman yakni unit Islam, Kristen, dan Buddha. Dari jumlah Penduduk di Jakarta Utara berdasarkan ketiga agama tersebut ± 30.04% diprediksikan akan dimakamkan di TPU Semper. Faktanya ketersediaan lahan pemakaman yang tersisa hanya sebesar 15.660 m2. Bahwasanya dari luasan lahan yang tersedia hanya mampu menampung prediksi dari penduduk Jakarta Utara yang akan dimakamkan di TPU Semper hanya sebesar 4,5%, dengan menampung sejumlah 5.786 jenazah. Maka dalam hal ini TPU Semper akan mengalami krisis lahan pemakaman karena jumlah lahan yang tersedia tidak mampu mencukupi kebutuhan penduduk akan pemakaman. Prediksi masa pakai lahan untuk petak makam baru akan bertahan habis pakai ± 1 tahun lagi. Dalam hal ini pengelola mengupayakan adanya pemakaman tumpang susun jenazah, merencanakan adanya pembebasan lahan rawa, dan pembebasan lahan permukiman warga untuk mencukupi kebutuhan penduduk Jakarta Utara akan pemakaman.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Divyana Sudiro, Universitas Negeri Jakarta

Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta

References

<p>Aji A S, Suprayogi A, Wijaya A P. 2015. <em>Analisis Kesesuaian Kawasan Peruntukan PemakamanUmum Baru Berbasis Sistem Informasi Geografis(Studi Kasus: Kecamatan Tembalang, Kota Semarang)</em><em> </em><a href="http://semnas.big.go.id">http://semnas.big.go.id</a>.Diakses pada tanggal 18 Desember 2019.</p><p>Amalaia, Ghea 2016. Ketersediaan Lahan Tempat Pemakaman Umum (TPU)Di Kota Surakarta. Jurnal. [online]. Yogyakarta : Universitas Gadjah Mada <a href="http://lib.geo.ugm.ac.id/">http://lib.geo.ugm.ac.id/</a>. Diakses pada tanggal 11 Januari 2020.</p><p>Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI Jakarta. 2019. <em>Data Makam DKI Jakarta. </em>[online]. <a href="http://data.jakarta.go.id/dataset/data-makam">http://data.jakarta.go.id</a>. Diakses pada tanggal 18 Oktober 2019.</p><p>Mularsih. 2009. <em>Perubahan Alih Fungsi Lahan Taan Pemakaman Umum Menteng Pulo, Jakarta Selatam, Menurut Peraturan Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 6 Tahun 1999.</em> Tesis. [online]. Depok : Uinversitas Indonesia (UI). Dari: <a href="http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/118951-T%2025171%20Perubahan%20alih%20fungsi--Pendahuluan.pdf">http://lib.ui.ac.id </a>. Diakses pada tanggal 31 Maret 2019.</p><p>Pratama. 2019. Manajemen Pemakaman di DKI Jakarta Perlu ditata. Artikel Berita. [online], Dari: <a href="https://www.medcom.id/">https://www.medcom.id/</a>. Diakses pada tanggal 20 Juni 2020.</p><p>Undang Undang Nomor 24 Tahun 1992 Tentang Penataan Ruang (UUPR) Pasal 24 (1).  1992. [online]. Dari: <a href="https://jdih.kemenkeu.go.id/fullText/1992/24TAHUN~1992UU.htm">https://jdih.kemenkeu.go.id</a>. Diakses tanggal 11 Mei 2019 </p><p>Utama, Pradita. 2018. <em>TPU Semper Di Jakut Kembali Terendam</em>. Artikel Berita. [online]. Dari: <em><span style="text-decoration: underline;">https://</span></em><em><span style="text-decoration: underline;">m.detik.com/</span></em><em><span style="text-decoration: underline;">.</span></em> Diakses pada tanggal 17 Januari 2020.</p>

Published

2020-12-01
Abstract views: 1340 , PDF Downloads: 1843