AUTHOR GUIDELINES

JUDUL ARTIKEL (Center, Times New Roman 13, Bold, maks 15 kata dalam bahasa Inggris )(satu baris kosong, single space, ukuran font 13)

First Author*1, Second Author2, Third Author3 (Center, Times New Roman 11, Bold, spasi1)(satu baris kosong, single space, 11pt)

1 Afiliasi (Program Studi, Fakultas, Universitas) (Center, Times New Roman 10, single space)2,3 Afiliasi (Program Studi, Fakultas, Universitas)(satu baris kosong, single space, 12pt)

*Corresponding author: alamat email (10pt, italics)(dua baris kosong, single space, 12pt)

 

Abstract. Menggunakan huruf miring (italic) spasi 1 dalam satu alinea maksimal 150 kata, dan dibuat dalam Bahasa Inggris. Abstrak ini memuat deskripsi dan hasil karya secara jelas, tanpa opini penulis dan diakhiri dengan kata kunci 3 – 5 kata. Abstrak untuk artikel hasil penelitian berisi tujuan, metode, dan hasil penelitian. Abstrak untuk artikel hasil pemikiran berisi tujuan, metode, dan hasil pemikiran. (Single space, 12 pt.)

 

Keywords: isi, format, artikel (maksimal 5 kata kunci)

PENDAHULUAN/INTRODUCTION

Berisi latar belakang, rasional (sedikit tinjauan pustaka), dan atau urgensi masalah, serta tujuan penelitian untuk artikel hasil penelitian. Untuk artikel hasil pemikiran pendahuluan berisi latar belakang, rasional (sedikit tinjauan pustaka), dan urgensi masalah. Perlu mencantumkan referensi (pustaka atau penelitian relevan) sebagai justifikasi urgensi penelitian, dengan menunjukkan secara jelas nama author dan sitasi sumber berupa tahun terbit dan halaman tempat naskah tersebut. 

Artikel diketik dengan huruf Times New Roman, ukuran 11 pt, single space, rata kanan kiri (Justify) spacing after 4pt, dicetak pada kertas A4 (210x297mm) maksimal 10 halaman dalam bentuk Microsoft Word sebagai attachment e-mail ke alamat: jcer@unesa.ac.id.

Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan format esai, disertai judul pada masing-masing bagian artikel. Judul artikel dicetak dengan huruf besar semua sebesar 13 poin. Level judul bagian dinyatakan dengan jenis huruf yang berbeda (semua judul bagian dan sub-bagian dituliskan dengan tebal atau tebal dan miring), dan tidak menggunakan angka/nomor pada judul bagian.

METODE/METHOD

Berisi rancangan penelitian, sasaran penelitian (populasi dan sampel), teknik pengumpulan data dan pengembangan instrument, serta teknik analisis data.

 

HASIL DAN PEMBAHASAN/RESULT AND DISCUSSION

Hasil penelitian disajikan dalam bentuk grafik, tabel, atau deskriptif. Penomoran harus diberikan pada gambar, grafik, foto, tabel, dan reaksi kimia berdasarkan urutannya.  

Judul pada tabel diberikan di atas Tabel dari kiri, semua kata diawali huruf besar, kecuali kata sambung. Kalau lebih dari satu baris dituliskan dalam spasi tunggal. 

Sistematika Gambar

Pada setiap gambar harus diberikan keterangan di bawah gambar, dari kiri, semua kata diawali huruf besar kecuali kata sambung, dan diberi jarak 1 spasi dari gambar. Bila lebih dari 1 baris, antar baris diberi spasi tunggal. Seluruh gambar harus diberi penomoran secara berurutan.

 

Jika gambar atau tabel besar, maka diletakkan di tengah halaman (center aligment). Jika gambar atau tabel kecil, maka letakkan di tengah (center column) baik pada kolom 1 maupun kolom 2. Persamaan kimia atau persamaan matematik harus diberi nomor secara berurutan. Penomoran harus diawali dan diakhiri dengan kurung buka dan kurung tutup dan rata kanan.

Pembahasan difokuskan pada mengaitkan data dan hasil analisisnya dengan permasalahan atau tujuan penelitian dan konteks teoritis yang lebih luas. Pembahasan ditulis melekat dengan data yang dibahas.

 

SIMPULAN DAN SARAN

Simpulan dapat bersifat generalisasi temuan sesuai permasalahan penelitian, dapat pula berupa rekomendasi untuk langkah selanjutnya.

Saran dapat berupa masukan bagi peneliti berikutnya, dapat pula rekomendasi implikatif dari temuan penelitian.

 

UCAPAN TERMAKASIH /ACKNOWLEDGEMENT

Jika memang ada, tuliskan ucapan terimakasih.

 

DAFTAR PUSTAKA/REFERENCES

Daftar pustaka minimal 80% berupa pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan yang digunakan adalah sumber-sumber primer berupa artikel-artikel penelitian dalam jurnal atau laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, disertasi). Perujukan dan pengutipan ditulis diakhir kalimat menggunakan nomor yang berurutan, seperti [1] atau [1, 2]. Daftar pustaka disusun secara kronologis, mengikuti kaidah APA, dan hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk, diantaranya disesuaikan dengan rincian berikut.

[1] Buku: Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian.    Jakarta: PT Rineka Cipta.

[2] Artikel dalam buku kumpulan artikel: Russel, T. 1998. An Alternative Conception: Representing Representation. Dalam P.J. Black & A. Lucas (Eds.), Children’s Informal Ideas in Science (h. 62-84). London: Routledge.

[3] Artikel dalam jurnal online: Castner, M. & Coromant, S. Simplifying Turning of Stainless Steel.   http:/www.cncmagazine.com/archive01/v2i04j-stainless.htm, diakses tanggal 1 April  2006