GRAB KIDS: Journal of Special Education Need https://journal.unesa.ac.id/index.php/grabkids <p><strong>GRAB KIDS: Journal of Special Education Need</strong> adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Universitas Negeri Surabaya. GRAB KIDS: Journal of Special Education Need terbit dua kali dalam satu tahun, setiap bulan Juli dan Desember. GRAB KIDS: Journal of Special Education Need memuat artikel ilmiah mengenai kajian pendidikan anak berkebutuhan khusus. Artikel dapat berupa artikel ilmiah hasil penelitian atau artikel ilmiah pemikiran.</p> <p>Pengelola GRAB KIDS: Journal of Special Education Need menerima dengan baik kontribusi pada akademisi, ilmuwan, professional (guru atau pendidik, widya iswara, dan fungsional dalam bidang terkait), dan peneliti dalam disiplin ilmu pendidikan anak berkebutuhan khusus untuk dipublikasikan. Artikel yang akan dipublikasikan akan melalui proses seleksi naskah, telaah mitra bebestari, dan penyuntingan. </p> <p><strong>Informasi:</strong></p> <p>Journal Title : GRAB KIDS: Journal of Special Education Need </p> <p>ISSN : <a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2776-8767" target="_blank" rel="noopener">2776-8767</a></p> <p>DOI Prefix : 10.26740/gkjsen</p> <p>Editor in Chief: Dr. Asri Wijiastuti, M.Pd. </p> <p>Publisher : Univeristas Negeri Surabaya </p> <p>Frequency : Januari dan Juli (dua nomor per tahun)</p> <p>Citation Analysis : Google Scholar </p> <p> </p> en-US asriwijiastuti@unesa.ac.id (Dr. Asri Wijiastuti, M.Pd.) fairusniratama@gmail.com (Fairus Niratama) Wed, 11 Oct 2023 21:42:36 +0700 OJS 3.2.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Pecahan dengan Pendekatan Multirepresentasi Berbasis Web Bagi Peserta Didik SMPLB Tunarungu https://journal.unesa.ac.id/index.php/grabkids/article/view/21895 <p>Penelitian ini bertujuan untuk: (1) media pembelajaran matematika materi pecahan dengan pendekatan multi representasi berbasis web bagi peserta didik SMPLB tunarungu, (2) menganalisis kelayakan produk pengembangan media pembelajaran matematika materi pecahan dengan pendekatan multi representasi berbasis web bagi peserta didik SMPLB tunarungu, (3) menemukenali kepraktisan produk pengembangan media pembelajaran matematika materi pecahan dengan pendekatan multi representasi berbasis web bagi peserta didik SMPLB tunarungu, (4) menemukenali keefektifan produk pengembangan media pembelajaran matematika materi pecahan dengan pendekatan multi representasi berbasis web bagi peserta didik SMPLB tunarungu. Penelitian ini menggunakan model prosedural ADDIE. Pada penelitian ini, media pembelajaran matematika materi pecahan sudah terbukti layak menurut ahli materi dengan perolehan nilai 83%, terbukti sangat layak menurut ahli media dengan perolehan nilai 89%, dan terbukti praktis menurut praktisi dengan perolehan nilai 93%, serta hasil keefektifan yang memperoleh nilai rentang <em>mean</em> 0,6 dan terbukti efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik tunarungu. Media pembelajaran matematika materi pecahan dapat diakses menggunakan <em>handphone</em> dan laptop yang terhubung dengan jaringan internet.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Media Pembelajaran, Matematika, Siswa Tunarungu.</p> Reza Akbar Fauzan, Asri Wijiastuti, Yuliyati Yuliyati Copyright (c) 2023 GRAB KIDS: Journal of Special Education Need https://journal.unesa.ac.id/index.php/grabkids/article/view/21895 Wed, 11 Oct 2023 00:00:00 +0700 Pengembangan Media Video Pembelajaran Agama Katolik Berbantuan Bisindo di Komunitas Tunarungu Katolik https://journal.unesa.ac.id/index.php/grabkids/article/view/21879 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran agama Katolik berbantuan Bahasa Isyarat Indonesia di komunitas Tunarungu Katolik. Hal ini bertujuan untuk mengatasi keterbatasan komunitas tunarungu dalam penguasaan ketrampilan berbahasa serta pemahaman tentang ajaran Agama Katolik. Metode penelitian yang digunakan adalah ADDIE, yaitu metode pengembangan dari model instruksional. Media video pembelajaran ini dibuat menyesuaikan karakter belajar komunitas tunarungu, yakni dengan Bahasa Isyarat Indonesia dan disediakan teks atau terjemahan. Hasil presentase dari masing-masing penguji menunjukkan bahwa media video pembelajaran agama Katolik ini layak digunakan dengan presentase sebesar 85% dari ahli materi tunarungu, 95% dari ahli materi agama katolik, dan 81% dari ahli media. Dengan adanya media video pembelajaran ini, diharapkan umat Tunarungu Katolik dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang agama Katolik serta ibadah hari Minggu, dan juga dapat meningkatkan akses mereka terhadap informasi dan pemahaman ajaran agama.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Tunarungu, Bahasa Isyarat, Agama Katolik, Video</p> Melania Safirista Sofiarti, Murtadlo Murtadlo, Endang Pujiastuti Sartinah Copyright (c) 2023 GRAB KIDS: Journal of Special Education Need https://journal.unesa.ac.id/index.php/grabkids/article/view/21879 Wed, 11 Oct 2023 00:00:00 +0700 Pengembangan Panduan Parenting Self Care Untuk Anak Autistic Spectrum Disorder Berbasis Aplikasi Mobile Learning https://journal.unesa.ac.id/index.php/grabkids/article/view/21883 <p>Panduan <em>self care</em> untuk anak <em>autistic spectrum disorder</em> berbasis aplikasi <em>mobile learning</em> sebagai sarana pengembangan panduan <em>self care</em> untuk anak autistic spectrum disorder. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan spesifikasi Produk panduan <em>self care</em> untuk anak autistic spectrum disorder berbasis aplikasi <em>mobile learning</em> dengan : (1) menguji kevalidan atau kelayakan produk panduan <em>self care</em> untuk anak autistic spectrum disorder berbasis aplikasi <em>mobile learning</em>, (2) dan kepraktisan produk panduan parenting <em>self care</em> untuk anak autistic spectrum disorder berbasis aplikasi <em>mobile learning</em>. Dalam penelitian ini, bila ditinjau dari tahapan penelitian menggunakan metode penelitian <em>Research and Development</em> (R &amp; D) dengan mengadaptasi model 4D yaitu define, desighn, develop, dan disseminate. Penelitian ini menggunakan tiga tahapan <em>define, design, dan develop</em>. dengan teknik pengumpulan data dengan kuisioner, dan teknik analisis data menggunakan penghitungan skor rata-rata. Uji validasi dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Uji validitas ahli media menyimpulkan bahwa produk memperoleh 100% berada pada kategori sangat layak. Sedangkan, uji validitas materi memperoleh 88% berada pada kategori sangat layak. Hasil uji kepraktisan dari 4 responden mendapatkan hasil rata-rata 87% sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan panduan <em>self care</em> untuk anak autistic spectrum disorder berbasis aplikasi <em>mobile learning</em> layak dan mudah digunakan oleh orang tua.</p> <p><strong>Katakunci:</strong> <em>self care, mobile learning, autistic spectrum disorder</em></p> <p> </p> <p> </p> Nur Ramadhani Ash Siddieqy, Sujarwanto Sujarwanto, Wiwik Widajati Copyright (c) 2023 GRAB KIDS: Journal of Special Education Need https://journal.unesa.ac.id/index.php/grabkids/article/view/21883 Wed, 11 Oct 2023 00:00:00 +0700 Implemestasi Manajemen Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif di Kota Bontang https://journal.unesa.ac.id/index.php/grabkids/article/view/21855 <p>Pendidikan inklusif di Kota Bontang, Indonesia, menghadapi tantangan dan hambatan. Penelitian ini bertujuan memahami implementasi dan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas program inklusi. Fokusnya adalah manajemen kesiswaan, kurikulum, dan proses pembelajaran.. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi dari penyedia pendidikan inklusif yang ditunjuk. Model interaktif Milles dan Hubberman digunakan untuk analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen siswa dimulai dengan kegiatan perencanaan dan identifikasi untuk penerimaan siswa baru. Penerimaan siswa berkebutuhan khusus dilakukan melalui jalur inklusi, yang mengacu pada mekanisme dan persyaratan pendaftaran yang tertuang dalam pedoman pelaksanaan pendaftaran siswa baru. Manajemen kurikulum melibatkan pengembangan penggunaan Kurikulum 2013 dan kurikulum mandiri yang dimodifikasi sesuai dengan kemampuan dan kondisi peserta didik berkebutuhan khusus. Manajemen proses pembelajaran dalam kelas inklusi dimulai dengan perencanaan, analisis berdasarkan presentasi, indikator, rencana pelajaran, dan modifikasi konsep untuk memenuhi kemampuan individu siswa. Latihan struktural dilaksanakan sesuai rencana pelajaran dengan modifikasi konsep, dan evaluasi bagi siswa berkebutuhan khusus meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian dilakukan oleh guru kelas/mata pelajaran dan GPK, dan laporan hasil belajar siswa dari ketiga sekolah tersebut menetapkan KKM yang telah disesuaikan dengan kemampuan siswa berkebutuhan khusus.Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan wawasan tentang tantangan dan dampak positif implementasi manajemen pendidikan inklusif di Kota Bontang, Indonesia. Implementasi yang berhasil memerlukan perencanaan yang komprehensif, kurikulum yang fleksibel, dan metode evaluasi yang tepat. Penelitian ini dapat membantu meningkatkan kebijakan dan praktik pendidikan inklusif serta menjadi inspirasi bagi penelitian di daerah lain di negara ini.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Implementasi, Manajemen Sekolah, Pendidikan Inklusif.</p> Afdhol Choliqul Maa'ruf, Budiyanto Budiyanto, Sri Joeda Andajani Copyright (c) 2023 GRAB KIDS: Journal of Special Education Need https://journal.unesa.ac.id/index.php/grabkids/article/view/21855 Wed, 11 Oct 2023 00:00:00 +0700 Pengembangan Buku Panduan Percakapan Bahasa Fungsional Pada Moda Transportasi Untuk Anak Disabiitas Rungu https://journal.unesa.ac.id/index.php/grabkids/article/view/21839 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku panduan serta mendeskripsikan kelayakan, kepraktisan Buku Panduan Percakapan Bahasa Fungsional Pada Moda Transportasi Untuk Anak Disabilitas Rungu. Penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan Research and Development ( R &amp; D ) dengan mengadaptasi model 4D dari Thiagarajan 1974. Penelitian ini hanya sampai pada tahap <em>development</em>. Teknik analisis data menggunakan skala likert yang memiliki lima skor penilaian dan dirata-rata setiap butir pertanyaan. Uji validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Dari data uji validasi ahli, mendapatkan skor persentase 78% dari ahli materi dan 98% dari ahli media.Sedangkan uji kepraktisan oleh ahli praktisi (guru kelas V) memperoleh 88% berada pada kategori baik. Kemudian, rata-rata hasil uji kepraktisan peningkatan pemahaman 6 siswa disabilitas rungu setelah diberikan buku panduan dan mempraktikannya memperoleh 90%.Hal ini menunjukkan bahwa buku panduan praktis dan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa disabilitas rungu tentang moda transportasi. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa buku Panduan Percakapan Bahasa Fungsional Pada Moda Transportasi Untuk Anak Disabilitas Rungu praktis dan layak digunakan untuk pembelajaran siswa disabilitas rungu.<br /><br /><strong>Kata Kunci: </strong>percakapan bahasa fungsional, disabilitas rungu, buku panduan, transportasi</p> Sibi Dyah Novialassafitri, Siti Masitoh, Endang Purbaningrum Copyright (c) 2023 GRAB KIDS: Journal of Special Education Need https://journal.unesa.ac.id/index.php/grabkids/article/view/21839 Wed, 11 Oct 2023 00:00:00 +0700