Bima Loka: Journal of Physical Education https://journal.unesa.ac.id/index.php/bimaloka <table class="data" style="height: 319px;" width="585" bgcolor="#f2f2f2"> <tbody> <tr valign="top"> <td width="20%"><strong>Nama Jurnal </strong></td> <td width="80%"><strong>: Bima Loka: Journal of Physical Education</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%"><strong>Inisial</strong></td> <td width="80%"><strong>: bimaloka</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%"><strong>Frekuensi</strong></td> <td width="80%"><strong>: Biannually (November &amp; April)</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%"> <p><strong>Online ISSN</strong></p> <p><strong>Cetak ISSN</strong></p> </td> <td width="80%"> <p><strong>: <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1607417556" target="_blank" rel="noopener">2774-2334</a></strong></p> <p><strong>: <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1607418402" target="_blank" rel="noopener">2774-2326</a></strong></p> </td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%"><strong>DOI</strong></td> <td width="80%"><strong>: prefix 10.26740/bimaloka by Crossref</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%"><strong>Kepala Editor</strong></td> <td width="80%"><strong>: Irma Febriyanti, S.Or., M.Kes. </strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%"><strong>Penerbit</strong></td> <td width="80%"><strong>: Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, FIKK, UNESA</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%"><strong>Indeksasi</strong></td> <td width="100%"><strong>: <a href="https://scholar.google.com/citations?user=eq8Lnq4AAAAJ&amp;hl=en&amp;authuser=3" target="_blank" rel="noopener">Google Scholar</a> | <a href="https://garuda.kemdikbud.go.id/journal/view/20236" target="_blank" rel="noopener">Garuda</a> | <a href="https://app.dimensions.ai/discover/publication?search_mode=content&amp;search_text=10.26740%2Fbimaloka&amp;search_type=kws&amp;search_field=full_search" target="_blank" rel="noopener">Dimensions</a></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%"><strong>email</strong></td> <td width="80%"><strong>: bimaloka@unesa.ac.id</strong></td> </tr> </tbody> </table> <p>Bima Loka: Journal of Physical Education merupakan jurnal yang berisi tentang artikel dalam keilmuan Pendidikan Jasmani yang terbit pada bulan November dan April oleh Prodi Pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi FIKK Unesa.</p> <p>Bima Loka: Journal of Physical Education menerima artikel yang membahas tentang Pendidikan Jasmani di semua jenjang pendidikan, mulai dari pendidikan dasar hingga pascasarjana. Topik tentang Pendidikan Jasmani berdasarkan hasil penelitian, gagasan konseptual, maupun hasil kajian teoritis menjadi scope yang dapat diterima, tetapi kami tidak membatasi topik secara umum sejauh masih relevan dengan pendidikan jasmani, seperti: kebijakan pendidikan dan kurikulum, strategi pembelajaran, pengembangan materi, pengembangan lingkungan belajar, pendidikan inklusi, partisipasi siswa dalam aktivitas fisik, nutrisi dan layanan kesehatan sekolah, dan pengembangan profesionalitas guru pendidikan jasmani.</p> en-US irmafebriyanti@unesa.ac.id (Irma Febriyanti, S.Or., M.Kes.) bayuprakoso@unesa.ac.id (Bayu Budi Prakoso, S.Pd., M.Pd.) Mon, 08 Apr 2024 20:04:48 +0700 OJS 3.2.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengaruh model pembelajaran project-based learning terhadap hasil belajar aktivitas kebugaran jasmani https://journal.unesa.ac.id/index.php/bimaloka/article/view/30762 <p>Aktivitas kebugaran jasmani memegang peranan yang sangat penting bagi kesejahteraan tubuh seorang remaja. Apabila hanya mengandalkan jam PJOK dirasa kurang memenuhi kebutuhan aktivitas fisik. Remaja perlu didorong dan didukung untuk menjalankan aktivitas fisik secara teratur di luar lingkungan sekolah yang harus dibimbing secara penuh oleh tenaga pendidik atau pelatih. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dan besar pengaruh dari penggunaan model pembelajaran <em>project-based learning</em> terhadap hasil belajar aktivitas kebugaran jasmani. Pelaksaan proyek yang termaksud adalah proyek kinerja menggunakan <em>daily physical activity card</em>. Metode yang digunakan <em>quasi experiment</em> dengan menggunakan <em>non-randomized pretest-postest control group design.</em> Hasil belajar pengetahuan diukur menggunakan tes tulis berupa esai dan keterampilan diukur menggunakan tes kebugaran jasmani, lari 1.600m. Analisis data menggunakan deskriptif statistik, <em>t-test dependent</em>, dan <em>t-test independent</em>. Hasil dari penelitian ditemukan perbedaan nilai <em>pretest</em> dan <em>posttest</em> pada pengetahuan dan keterampilan dengan nilai sig 0.000 &lt; 0.05. Adapun pada kelompok eksperimen aspek pengetahuan dan keterampilan memperoleh hasil sig 0.000 &lt; 0.05. Selanjutnya besar pengaruh pengetahuan 47.55% sementara keterampilan putra 45.90% dan keterampilan putri 40.44%. Maka disimpulkan bahwa model pembelajaran <em>project-based learning</em> mempengaruhi hasil belajar aktivitas kebugaran jasmani dengan besar pengaruh rentang sedang.</p> Agnes Diona Febriyanti, Miftah Fariz Prima Putra, Bayu Budi Prakoso Copyright (c) 2024 Agnes Diona Febriyanti, Miftah Fariz Prima Putra, Bayu Budi Prakoso http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unesa.ac.id/index.php/bimaloka/article/view/30762 Mon, 08 Apr 2024 00:00:00 +0700