Persepsi Risiko dan Lingkungan Sosial terhadap Minat Investasi di Pasar Modal Dimoderasi dengan Media Sosial

Authors

  • Khovifa Nur Kumala Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya
  • Lintang Venusita Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/akunesa.v11n3.p290-299

Keywords:

Minat Investasi, Persepsi Risiko, Lingkungan Sosial, Media Sosial

Abstract

Tujuan adanya riset ini ialah mengkaji pengaruh dari persepsi risiko serta lingkungan sosial pada minat berinvestasi dimoderasi dengan media sosial. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling untuk mengambil data melalui penyebaran kuesioner. Kemudian, data tersebut dianalisa menggunakan SmartPLS 3.2.9. Hasil riset membuktikan bahwa persepsi risiko, lingkungan sosial, dan media sosial bernilai positif serta signifikan memengaruhi minat investasi mahasiswa. Media sosial tidak dapat menjadi variabel moderasi diantara hubungan persepsi risiko dengan minat investasi mahasiswa. Namun, media sosial dapat memoderasi hubungan lingkungan sosial dengan minat investasi mahasiswa yang memiliki pengaruh negatif dan signifikan.

Downloads

Published

2023-05-14

How to Cite

Nur Kumala, K., & Venusita, L. (2023). Persepsi Risiko dan Lingkungan Sosial terhadap Minat Investasi di Pasar Modal Dimoderasi dengan Media Sosial. Jurnal Akuntansi AKUNESA, 11(3), 290–299. https://doi.org/10.26740/akunesa.v11n3.p290-299
Abstract views: 1827 , PDF Downloads: 1801

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.