PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, AUDIT TENURE, DAN FEE AUDIT TERHADAP KUALITAS AUDIT(STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN SEKTOR KEUANGAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2014-2018)

Authors

  • puja via kurniawati

DOI:

https://doi.org/10.26740/akunesa.v9n2.p%25p

Abstract

Kualitas audit merupakan sesuatu yang dianggap penting untuk menjadi bahan yang dibutuhkan seorang auditor untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan audit dari klien. Pada sebagian kasus yang menunjukkan keterkaitan dengan kualitas audit pada sebuah perusahaan. Hal ini membuat diperlukannya penelitian terkait dengan faktor yang mempengaruhi kualitas audit yaitu ukuran  perusahaan, audit tenure, dan fee audit. Penulisan dan pelaksanaan memiliki sebuah tujuan guna mengetahui pengaruh hasil dari ukuran perusahaan, audit ternure, dan fee audit tehadap kualitas audit yang datanya diunduh pada perusahaan go public sektor keuangan perbankan yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam tahun buku 2014 hingga tahun 2018. Total sampel penelitian yang digunakan pada artikel ini sebanyak 33 sampel perusahaan sehingga jumlah data penelitian ini sebanyak 165. Adapun alat analisis yang digunakan yaitu SPSS 23 dengan teknik analsis statistik logistik. Penelitian yang dilakukan ini telah memperoleh sebuah hasil yaitu menunjukkan ukuran perusahaan dan audit tenure berpengaruh pada variabel kualitas audit, kemudian pada variabel fee audit tidak memiliki pengaruh tehadap kualitas audit.

Downloads

Additional Files

Published

2020-12-18

How to Cite

kurniawati, puja via. (2020). PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, AUDIT TENURE, DAN FEE AUDIT TERHADAP KUALITAS AUDIT(STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN SEKTOR KEUANGAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2014-2018). Jurnal Akuntansi AKUNESA, 9(2). https://doi.org/10.26740/akunesa.v9n2.p%p
Abstract views: 148 , PDF Downloads: 345 , PDF Downloads: 0 , PDF Downloads: 0