Publication Ethics

 

Etika publikasi dibuat berdasarkan COPE’s Best Practice Guidelines for Journal Editors.

Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo

Keputusan publikasi
Editor bertanggung jawab untuk memutuskan artikel mana yang seharusnya bisa dipublikasi. Editor berpedoman pada kebijakan dewan editor dan dibatasi oleh ketentuan hukum terkait pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta dan plagiarisme. Untuk sampai pada keputusan ini, editor dapat berunding dengan editor lain.


Kesetaraan
Editor kapanpun mengevaluasi manuskrip berkaitan dengan isi intelektual manuskrip tersebut tanpa memandang ras, jenis kelamin, orientasi seksual, agama/kepercayaan, asal etnik, kewarganegaraan, atau filosofi politik dari penulisnya.


Kerahasiaan
Editor beserta staf dilarang mengungkapkan informasi apapun mengenai manuskrip yang dikirimkan kepada siapapun selain kepada penulis yang bersangkutan, reviewer, calon reviewer, penasihat editor, dan penerbit, dalam proporsinya.


Pengungkapan dan konflik kepentingan
Bahan yang tidak dipublikasikan tidak boleh digunakan dalam penelitian editor sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis.


Kewajiban Reviewer
Berkonribusi terhadap keputusan editor
Proses peer-review mengarahkan editor untuk menentukan keputusannya dan melalui komunikasi dengan penulis dapat pula mengarahkan penulis untuk meningkatkan kualitas artikelnya.


Berkomitmen terhadap tugas ulasnya
Reviewer yang dipilih oleh editor apabila merasa tidak memiliki kualifikasi untuk mereviu artikel pada bidang tertentu atau tahu bahwa dirinya tidak mampu mengulas pada tenggat waktu yang disepakati dapat memberi tahu editor bahwa dirinya tidak dapat melakukan proses ulasan.


Berkontribusi terhadap aspek kerahasiaan
Manuskrip yag diterima harus diperlakukan sebagaimana dokumen yang sifatnya rahasia dan tidak semestinya ditunjukkan atau didiskusikan dengan pihak lain kecuali yang diperkenankan oleh editor.


Berkomitmen pada standar objektivitas
Ulasan seharusnya dilakukan secara objektif. Kritik personal terhadap penulis tidak diperkenankan kecuali hanya atas tulisannya. Reviewer seharusnya mengungkapkan pendapatnya disertai dengan argumen yang jelas.


Pengakuan terhadap sumber
Reviewer seharusnya mengidentifikasi setiap kutipan yang belum tercatat di daftar pustaka. Setiap pernyataan yang merupakan sebuah observasi, derifasi, atau argumen yang sebelumnya telah digunakan harus disertai dengan sitasi yang sesuai. Reviewer seharusnya menghubungi editor apabila menemukan adanya kesamaan substansi antara manuskrip yang sedang diulas dan artikel lain yang sudah dipublikasi.


Pengungkapan dan konflik kepentingan
Informasi yang sifatnya rahasia atau ide yang diperoleh dari proses peer-review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk kepentingan pribadi. Reviewer tidak seharusnya memerhatikan adanya konflik kepentingan yang melahirkan sikap kompetitif, kolaboratif, atau hubungan yang lain dengan penulis, perusahaan, atau institusi yang berhubungan dengan artikel.


Kewajiban Penulis
Melaporkan standar
Penulis seharusnya mempresentasikan hasil penelitiannya secara akurat dan juga diskusi objektif dari manfaat artikelnya. Data yang mendasari artikel harus disajikan secara akurat. Artikel harus mengandung detil yang cukup dan referensi yang mengijinkan pihak lain mereplikasi hasil penulis, bukan menduplikasinya. Pernyataan yang tidak cermat yang mengandung sikap tidak etis tidak diijinkan.


Menjaga orisinalitas dan jauh dari plagiarisme
Penulis harus memastikan bahwa dirinya yang menulis semua bagian artikelnya, dan jika penulis menggunakan pendapat atau hasil kerja penulis lain, maka ini harus dikutip dan disitasi dengan sesuai.


Mempublikasi pada lebih dari satu jurnal
Penulis tidak mempublikasi manuskripsnya yang mendeskripsikan secara esensial penelitian yang sama pada lebih dari satu jurnal atau publikasi primer. Pengiriman manuskrip yang sama pada lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan tingkah laku tidak etis da tidak dapat diterima.


Mengakui karya penulis lain
Pengakuan terhadap karya penulis lain harus selalu dilakukan.Caranya, penulis harus melakukan sitasi pada publikasi orang lain yang berkontribusi pada artikel yang ditulis.


Menyertakan penulis lain yang turut berkontribusi
Kepengarangan harus dibatasi pada mereka yang memiliki kontribusi signifikan terhadap konsepsi, desain, eksekusi, atau interpretasi dari penelitian yang dilaporkan. Mereka yang memiliki kontribusi tersebut harus ditulis sebagai co-authors. Co-authors harus ikut memastikan bahwa kualitas karya yang dikirimkan sudah sesuai dengan yang diharapkan.


Menghindari konflik kepentingan
Semua penulis harus mengungkapkan sumber finansial yang mendukung penelitiannya.


Memeriksa hasil terbitan
Ketika penulis menemukan kesalahan yang fatal pada karya yang sudah dipublikasi, penulis harus dengan cepat menghubungi editor jurnal atau penerbit dan berkoordinasi dengan editor untuk menarik karya itu atau memperbaikinya.