RESPON GURU DALAM PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PERMAINAN
DOI:
https://doi.org/10.26740/ja.v2n2.p83-86Keywords:
Media permainanAbstract
Proses pembelajaran diselenggarakan secara interaktif, menyenangkan, menantang, inspiratif, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, kemampuan dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru IPA SMP di Kabupaten Jombang diketahui bahwa kemauan belajar siswa sangat rendah sehingga hasil belajar siswa dan pemahaman terhadap materi juga rendah. Hal tersebut dikarenakan guru hanya menyampaikan materi dengan ceramah dan presentasi sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar dan siswa lebih senang bermain. Memperhatikan hal tersebut diperlukan suatu media yang dapat mewadahi keluh kesah guru dalam bentuk tulisan agar kegiatan diskusi, masukan dari teman guru serumpun dapat berlangsung dengan lebih terbuka. Berdasar hasil angket pertanyaan positif dan negatif yang diberikan, didapatkan hasil persentase secara berturut- turut sebesar 93,3% dan 95%, sehingga sebagian besar guru- guru peserta pelatihan merasa termotivasi untuk terus mengembangkan media- media yang dapat menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah, sehingga siswa tidak merasa jenuh dengan pelajaran dikelas serta senang karena dapat belajar sambil bermain. Dari angket tersebut dapat disimpulkan bahwa para peserta dapat memperoleh manfaat dari program pelatihan ini untuk meningkatkan kualitas media pembelajaran, mengetahui cara menggunakan media permainan, dan mampu membuat media pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu masing-masing peserta.Downloads
Download data is not yet available.
References
Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi (2012), Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta
Kemendikbud (2013). Bahan Uji Publik Kurikulum 2013.
Meilia, dike. 2013. œPenggunaan Media Ular Tangga Dike Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal antologi pgsd bumi siliwangi. Vol. I(1): hal. 3.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 103 tahun 2014 tentang pembelajaran pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. 2014. Jakarta: Permendikbud.
Sadiman, Raharjo, Anung Haryono, Dan Harjito. 2014. Media pendidikan: pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kemendikbud (2013). Bahan Uji Publik Kurikulum 2013.
Meilia, dike. 2013. œPenggunaan Media Ular Tangga Dike Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal antologi pgsd bumi siliwangi. Vol. I(1): hal. 3.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 103 tahun 2014 tentang pembelajaran pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. 2014. Jakarta: Permendikbud.
Sadiman, Raharjo, Anung Haryono, Dan Harjito. 2014. Media pendidikan: pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
2017-04-16
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 License (CC BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal for non commercial purposes.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.