IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SAINTIFIK MELALUI PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GURU IPA MADRASAH IBTIDAIYAH DI KECAMATAN BUNGAH GRESIK
DOI:
https://doi.org/10.26740/ja.v2n2.p60-65Keywords:
Pembelajaran saintifik, RPP, guru IPA MI Kecamatan BungahAbstract
Pembelajaran saintifik menuntut siswa lebih aktif dengan menerapkan langkah-langkah 5M yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan mengkomunikasikan. Namun, penerapan pembelajaran saintifik masih belum banyak dilakukan oleh guru madrasah ibtidaiyah di Kecamatan Bungah Gresik. Banyak guru IPA di wilayah Kecamatan Bungah yang belum memahami pendekatan saintifik dalam pembelajaran. Kegiatan PKM ini bertujuan untuk memberikan pelatihan implementasi pembelajaran saintifik dalam bentuk pengembangan rencana pembelajaran bagi para guru madrasah ibtidaiyah di Kecamatan Bungah Gresik. Metode pelaksanaan kegiatan PKM ini dibagi dalam tiga tahap, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa setelah mengikuti pelatihan ini para peserta mampu mengembangkan RPP saintifik. Peserta memberikan tanggapan yang baik terhadap kegiatan pelatihan implementasi pembelajaran saintifik melalui pengembangan RPP mereka.Downloads
Download data is not yet available.
References
Kemendikbud. 2013. Pengembangan Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud. 2013. Lampiran IV , Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81a Tahun 2013, Tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Machin A. 2014. Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter dan Konservasi pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Vol 3, No 1 (2014).
Marjan J, Arnyana IBP, Setiawan IGAN. 2014. Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA Muallimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Vol. 4 No. 1 2014.
Media Pendidikan Indonesia. 2014. Pembelajaran Pendekatan Saintifik. http://www.m-edukasi.web.id/search/label/pengertian% 20pembelajaran%20saintifik diakses 20 Maret 2015.
Rustaman NY. dkk. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI.
Wijayanti. 2014. Pengembangan Autentic Assesment Berbasis Proyek dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 3 (2) 2014: 102-108.
Kemendikbud. 2013. Lampiran IV , Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81a Tahun 2013, Tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Machin A. 2014. Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter dan Konservasi pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Vol 3, No 1 (2014).
Marjan J, Arnyana IBP, Setiawan IGAN. 2014. Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA Muallimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Vol. 4 No. 1 2014.
Media Pendidikan Indonesia. 2014. Pembelajaran Pendekatan Saintifik. http://www.m-edukasi.web.id/search/label/pengertian% 20pembelajaran%20saintifik diakses 20 Maret 2015.
Rustaman NY. dkk. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI.
Wijayanti. 2014. Pengembangan Autentic Assesment Berbasis Proyek dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 3 (2) 2014: 102-108.
Downloads
Published
2017-04-16
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 License (CC BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal for non commercial purposes.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.