KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PENGEMBANGAN DAN PENINGKATAN SENI TRADISIONAL JENJANG SD, SMP, DAN SMA DI PROVINSI JAWA TIMUR

Authors

  • Subianto Karoso Pendidikan Seni, Drama, dan Musik FBS Unesa
  • Syunu Trihantoyo Manajemen Pendidikan FIP Unesa

DOI:

https://doi.org/10.26740/ja.v2n2.p34-39

Keywords:

kepemimpinan pendidikan, seni tari, Pengembangan dan Peningkatan Seni Tradisonal (PPST)

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini didasarkan pada upaya dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam rangka melestarikan seni tradisional dari kepunahan dengan memperkenalkan seni tradisional untuk siswa melalui studio seni tari di sekolah-sekolah di Jawa Timur. Pendirian program Pengembangan dan Peningkatan Seni Tradisonal (PPST) untuk menyediakan media belajar dan penghargaan bagi siswa dalam seni tari tradisional. Tujuan dalam penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui model kepemimpinan kepala sekolah dalam PPST jenjang Sekolah Dasar, SMP, dan SMA di Jawa Timur serta konsep kepemimpinan transformasional Ki Hajar Dewantara dalam memenuhi program pengembangan dan peningkatan seni tradisional di Jawa Timur. Metode yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilaksanakan dengan memberikan materi pelatihan tentang pengembangan dan peningkatan seni tari tradisional. Hasil dari kegiatan ini, terdapat peran strategis kepala sekolah dalam mengembangkan dan melestarikan seni tari tradisional dilihat dari bentuk kepemimpinan transformasional dan kepemimpinan pendidikan Ki Hadjar Dewantara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ail, N. M. B. M., Taib, M. R. b., Jaafar, H. b., Salleh, W. A. R. b. M., & Omar, M. N. b. (2015). Principals Instructional Leadership And Teachers Commitment In Three Mara Junior Science Colleges (Mjsc) In Pahang, Malaysia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 1848 1853.

Bogdan, R., & Biklen, S. K. (1997). Qualitative Research for Education. Boston: Allyn & Bacon.
Hanson, E. M. (2003). Educational Administration and Organizational Behavior : 5th Edition. Boston: Person Education, Inc.

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner. Singapore: Springer.

Luthans, F. (2011). Organizational Behavior : 12th edition. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.
Tomal, D. R. (, 2010). Action Research for Educators (Second Edition). Maryland: Rowman & Littlefield Education.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2017-04-16

Issue

Section

Articles
Abstract views: 521 , PDF Downloads: 454