PEMBERDAYAAN SISWA SEKOLAH DASAR TENTANG PEMAHAMAN KONSEP SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n3.p243-248Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model inkuiri terbimbing pada materi sifat-sifat cahaya dalam memberdayakan siswa tentang pemahaman konsep IPA. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah counterbalanced design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Cilingga Kota Tasikmalaya. Model pembelajaran terdiri atas dua level, yaitu pembelajaran inkuiri terbimbing dan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran inkuiri menunjukkan keterlaksanaan yang baik, aktivitas siswa dalam pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi adalah merancang eksperimen dan melaksanakan eksperimen, ada perbedaan rata-rata pemahaman konsep melalui inkuiri terbimbing dengan rata-rata pemahaman konsep dengan pembelajaran konvensional sehingga pemahaman konsep IPA pada inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: pemahaman konsep, sifat-sifat cahaya, dan model inkuiri terbimbing
References
Anderson & Krathwohl. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen, Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arifin, M. (1995). Pengembangan Program Pengajaran Bidang Studi Kimia. Surabaya: Airlangga University Press.
Coffman, T. (2009). Enganging Students Through Inquiry-Oriented Learning and Technology. New York: Rowman&Littlefiled Education.
Ibrahim, M. (2005). Asesmen Berkelanjutan: Konsep dasar, tahapan pengembangan dan contoh. Surabaya: Unesa University Press.
Joyce, B., Weil, M., and Calhoun, E. (2009). Models of Theaching (Eighth Edition). New Jersey, USA: Allyn & Bacon.
Jufri, W. (2013). Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta.
Khotimah, K. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Model Inkuiri Terbimbing dalam Rangka Melatihkan Keterampilan Proses Siswa (Tesis tidak dipublikasikan). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Kuhlthau, C.C., Maniotes, L.K., Caspari, A.K. (2007). Guided Inquiry: Learning in The 21st Century. London: Libraries Unlimited.
Nur, M. (2008). Pengajaran Berpusat pada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: Unesa University Press.
Priyatno, D. (2010). Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: MediaKom.
Purwanto, M. N. (2006). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tim Dosen Fisika. (2013). Bahan Belajar Mandiri Cahaya dan Alat Optik. Tersedia.
Tim Penyusun. (2014). Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wenning, C. J. (2010). Levels Of Inquiry: Using Inquiry Spectrum Learning Sequences to Teach Science. Journal Education and Learning. Vol. 5 No. 4, pp.1-9.
Wulandari. R. (2013). Materi IPA Kelas 5 SD: Sifat Cahaya. [Online]. Tersedia: http://ipa5sd.blogspot.com/2013/06/sifat-cahaya.html. Diakses 17 Desember 2014.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Author(s) who wish to publish with Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian should agree to the following terms:
- Author(s) retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the works authorship and initial publication in this journal for noncommercial purposes.
- Author(s) are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals' published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.