PEMBERDAYAAN SISWA SEKOLAH DASAR TENTANG PEMAHAMAN KONSEP SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING

Authors

  • Desi Susilawati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n3.p243-248

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model inkuiri terbimbing pada materi sifat-sifat cahaya dalam memberdayakan siswa tentang pemahaman konsep IPA. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah counterbalanced design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Cilingga Kota Tasikmalaya. Model pembelajaran terdiri atas dua level, yaitu pembelajaran inkuiri terbimbing dan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran inkuiri menunjukkan keterlaksanaan yang baik, aktivitas siswa dalam pembelajaran inkuiri terbimbing  lebih tinggi adalah merancang eksperimen dan melaksanakan eksperimen, ada perbedaan rata-rata pemahaman konsep melalui inkuiri terbimbing dengan rata-rata pemahaman konsep dengan pembelajaran konvensional sehingga pemahaman konsep IPA pada inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional.

 

Kata Kunci:  pemahaman konsep, sifat-sifat cahaya, dan model inkuiri terbimbing

Author Biography

Desi Susilawati, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

Universitas Negeri Surabaya

References

Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Aditama.

Anderson & Krathwohl. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen, Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arifin, M. (1995). Pengembangan Program Pengajaran Bidang Studi Kimia. Surabaya: Airlangga University Press.

Coffman, T. (2009). Enganging Students Through Inquiry-Oriented Learning and Technology. New York: Rowman&Littlefiled Education.

Ibrahim, M. (2005). Asesmen Berkelanjutan: Konsep dasar, tahapan pengembangan dan contoh. Surabaya: Unesa University Press.

Joyce, B., Weil, M., and Calhoun, E. (2009). Models of Theaching (Eighth Edition). New Jersey, USA: Allyn & Bacon.

Jufri, W. (2013). Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Khotimah, K. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Model Inkuiri Terbimbing dalam Rangka Melatihkan Keterampilan Proses Siswa (Tesis tidak dipublikasikan). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Kuhlthau, C.C., Maniotes, L.K., Caspari, A.K. (2007). Guided Inquiry: Learning in The 21st Century. London: Libraries Unlimited.

Nur, M. (2008). Pengajaran Berpusat pada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: Unesa University Press.

Priyatno, D. (2010). Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: MediaKom.

Purwanto, M. N. (2006). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tim Dosen Fisika. (2013). Bahan Belajar Mandiri Cahaya dan Alat Optik. Tersedia.

Tim Penyusun. (2014). Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wenning, C. J. (2010). Levels Of Inquiry: Using Inquiry Spectrum Learning Sequences to Teach Science. Journal Education and Learning. Vol. 5 No. 4, pp.1-9.

Wulandari. R. (2013). Materi IPA Kelas 5 SD: Sifat Cahaya. [Online]. Tersedia: http://ipa5sd.blogspot.com/2013/06/sifat-cahaya.html. Diakses 17 Desember 2014.

Downloads

Published

2016-09-15

How to Cite

Susilawati, D. (2016). PEMBERDAYAAN SISWA SEKOLAH DASAR TENTANG PEMAHAMAN KONSEP SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 2(3), 243–248. https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n3.p243-248
Abstract views: 266 , PDF Downloads: 405