PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Cahyo Hadi Purnomo Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n2.p388-396

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran group investigation
berbantuan media audio visual dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas VI Sekolah
Dasar. Penelitian dilakukan di SDN Simomulyo I Surabaya tahun pelajaran 2015-2016, yaitu kelas VI A dan VI
B. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan nonequivalent control group design. Variabel yang
dikaji dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi untuk memperoleh data aktivitas siswa dan tes untuk memperoleh data hasil belajar. Teknis analisis
data yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian melalui uji t aktivitas siswa diperoleh t hitung 5,811. Sedangkan
dengan dk = 78 dan taraf signifikan 5% diperoleh t tabel 1,991 (t hitung 5,811 > t tabel 1,991), sehingga dapat
disimpulkan bahwa terdapat perbedaan aktivitas belajar yang signifikan antara kelas eksperimen yang
menerapkan model pembelajaran group investigation berbantuan media audio visual dengan kelas kontrol yang
menerapkan pembelajaran konvensional. Sedangkan untuk pengujian hipotesis kedua dilakukan dua kali analisis
data yaitu pretest dan posttest. Pertama, Uji t data pretest antara kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh t
hitung 0,346, dengan dk = 78 dan taraf signifikan 5% diperoleh t tabel 1,991 (t hitung 0,346 < t tabel 1,991), yang berarti
tidak ada perbedaan kemampuan awal siswa. Kedua, Uji t data posttest antara kelas kontrol dan kelas
eksperimen diperoleh t hitung 4,829 dan t tabel 1,991 (t hitung 4,829 > t tabel 1,991), yang berarti ada perbedaan yang
signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan kedua analisis tersebut dapat disimpulkan
bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran group investigation berbantuan media audio visual dalam
meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI Sekolah Dasar.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Group Investigation, Media Audio Visual, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar

Abstract
This study aims to knowing the effect of applying group investigation learning aided audio visual media in
improving Social Studies activities aand learning outcomes sixth grade elementary school. The study was
conducted on students from two classes in SDN Simomulyo I Surabaya 2015-2016, VI A and VI B. This research
is a quasi experimental with nonequivalent control group design. The variables studied in this research is the
activity and learning outcomes. The methods of collecting data were used observation to obtain activities data
and test to obtain learning outcomes data. Data analysis technique used is used were observation to obtain data
on student activity and tests to obtain data on learning outcomes. Technical analysis of the data used is t test.
The results of research through the student activity t test obtained t hitung 5,811. While with df = 78 and
significant level 5% is obtained t tabel 1,991 (t hitung 5,811 > t tabel 1,991), so it can be concluded that there are
differences student activities between the experimental class that implements group investigation learning aided
audio visual media and the control class that applying conventional learning. As for the second hypothesis
testing is done twice, pretest data and posttest data. First, t test between the control class pretest and
experimental class obtained t hitung 0.346, df = 78 and significant level 5% was obtained t tabel 1,991 (t hitung 0,346
< t tabel 1,991), it means there is no difference in the beginning ability of students. Second, t test between the
control class posttest and experimental class posttest obtained t hitung 4,829 and t tabel 1,991 (t hitung 4,829 > t tabel
1,991), which means there are significant differences between the control and the experimental class. Based on
both the analysis can be concluded that there is effect of applying group investigation learning aided audiovisual media in improving Social Studies learning outcomes sixth grade elementary school.

Keywords: group investigation learning, audio-visual media, student activities, learning outcomes.

Author Biography

Cahyo Hadi Purnomo, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

Universitas Negeri Surabaya

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Paraktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fajar, Arnie. (2009). Portofolio dalam Pembelajaran IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ginting, Rosmari. (2014). Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Melalui Model Pembelajaran Group Investigation di Kelas V-A SD Negeri 105267 Sei Mencirim. Journal Saintech Vol. 6 pp. 1-10.

Hassan Hosseini, Seyed Muhammad. (2014). Competitive Team Based Learning Versus Group Investigation with Reference to The Language Profieciency of Irania EFL Intermidiate Students. International Journal of Instruction Vol. 7 pp.177.

Jongsermtrakoon, S and Naongkhla, J. (2015). A Group Investigation Learning System for Open Educational Resources to Enhance Student Teachers Digital Literacy and Awareness in Information Ethics. International Journal of Information and Education Technology Vol. V No.10 pp. 1-6.

Joyce, Bruce., Weil, Marsha., Showers, Beverly. (1992). Model of Teaching Fouth Edition. United State of America: Allyn and Bacon.

Mardapi, Djemari. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Offset.

Marzuki. (2013). Implementasi Metode Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V SD Negeri 1 Bireuen. Jurnal Nasional Lentera Vol. 13 No. 3 pp. 1-6.

Purwoko, Agung. (2001). Panduan Penelitian PTK. Semarang: Unnes.

Riduwan. (2013). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Susilana, Rudi., dan Riyana, Cepi. (2011). Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV. Wacana Prima.

Wahid, Herniwati. (2015). Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan STAD Pada Materi Perkembangan Teknologi di Sekolah Dasar. Jurnal Publikasi Pendidikan Vol. 5 pp. 1-9.

Warsito, Hermawan. (1992). Pengantar Metodologi Penelitian Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2017-08-09

How to Cite

Purnomo, C. H. (2017). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(2), 388–396. https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n2.p388-396
Abstract views: 722 , PDF Downloads: 481