FORMULASI STRATEGI PARTISIPASI PARTAI POLITIK DALAM MENINGKATKAN KUOTA KETERWAKILAN PEREMPUAN PADA PEMILU 2019

Authors

  • Yuni Lestari Department of Public Administration, Faculty of Social Science and Law, Universitas Negeri Surabaya
  • Agus Prastyawan
  • Prasetyo Isbandono

Abstract

Peningkatan kuota keterwakilan perempuan di ranah politik merupakan perwujudan dari implementasi kebijakan afirmatif. Kebijakan tersebut sebagai salah satu langkah acceleration action pemerintah dalam mewujudkan gender equality. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, maka diperlukan kolaborasi antara pemerintah, partai politik, masyarakat pemilih, maupun calon legislatif perempuan. Dibutuhkan tahapan penyusunan strategi partisipasi yang apik dari partai politik, sehingga kuota keterwakilan perempuan akan meningkat.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, peneliti mencoba mendeskripsikan pola kerja partai politik dalam penyusunan strategi. Adapun objek penelitian adalah 15 partai politik yang terdaftar dalam Pemilihan Umum tahun 2019 Kota Surabaya. Fokus penelitian menitikberatkan pada tahap penyusunan strategi, yang meliputi: (a) pengembangan visi dan misi, (b)identifikasi peluang dan ancaman, (c) identifikasi kekuatan dan kelemahan, (d) menetapkan tujuan jangka panjang, (e) strategi lain untuk mencapai tujuan, serta (f) adanya strategi alternatif.

Rangkuman hasil penelitian ini, antara lain: (a) sebagian besar visi dan misi partai politik belum berfokus pada tema gender equality, (b) lemahnya dukungan masyarakat terhadap caleg perempuan menjadi ancaman tersendiri, (c) sebagian besar partai politik belum mengenali ancaman bagi caleg perempuan, (d) tema perempuan belum menjadi fokus utama dalam tujuan jangka panjang partai politik, serta (e) kaderisasi menjadi salah satu strategi alternatif dalam meningkatkan kuota keterwakilan perempuan.

Published

2019-12-19
Abstract views: 589 , PDF Downloads: 870