REPRESENTASI KESETARAAN GENDER KELUARGA DALAM IKLAN AQUA DULU

Authors

  • Anis Asmediana Program Studi Teknologi Hasil Pertanian Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret Surakarta

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada representasi kesetaraan gender dalam iklan Aqua Dulu (untuk semua anggota keluarga). Penelitian ini akan membahas bagaimana kesetaraan gender diungkapkan dalam video promosi “Aqua Dulu (untuk semua anggota keluarga)” merek air minum Aqua. Isu korespondensi orientasi merupakan isu sosial yang sering menjadi bahan olok-olok di mata publik karena isu ini efektif atau isu yang tidak ada habisnya. Dalam tinjauan ini, peneliti menggunakan strategi telaah teks media dengan pendekatan pandangan dunia dasar. pendekatan, yang kemudian diteliti dengan menggunakan telaah semiotika Charles Sanders Peirce. Penyelidikan semiotika Sanders Peirce. Konsekuensi dari eksplorasi ini adalah keluarnya orientasi keadilan dalam video iklanl "Aqua Dulu (untuk semua anggota keluarga)" yang menggambarkan sebuah keluarga yang rukun dan saling membantu satu sama lain tanpa lupa akan kewajiban utama setiap pekerjaan. Suami ditampilkan sebagai sosok yang mampu melayani istri sekaligus mengasuh anak. Kajian ini didasarkan pada rekomendasi penelitian-penelitian sebelumnya dengan tujuan untuk mengembangkan rasa kesetaraan gender di masa depan.

Kata Kunci : Representasi, Kesetaraan Gender, Aqua, Analisis Semiotika.

Published

2023-12-22
Abstract views: 60 , PDF Downloads: 151