PEMBELAJARAN FISIKA MODEL DISKUSI DITINJAU DARI KECERDASAN INTRAPERSONAL SISWA

Authors

  • Utama Alan Deta Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya
  • Nadi Suprapto Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpfa.v2n1.p30-36

Keywords:

Model diskusi, kecerdasan interpersonal, hasil belajar.

Abstract

Model pembelajaran diskusi menitikberatkan pada keaktifan siswa. Dalam model pembelajaran diskusi, diperlukan kemampuan siswa dalam menyampaikan pendapat dan menghargai pendapat orang lain. Dengan demikian, secara teori, dalam pelaksanaan pembelajaran dengan model diskusi memerlukan kecerdasan interpersonal yang tinggi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar model diskusi dengan pembelajaran biasa; kecerdasan interpersonal siswa tinggi dan rendah; serta interaksi antara keduanya. Penelitian ini menggunakan control group post-test,yakni menggunakan satu kelas eksperimen dan kelas kontrol kemudian diuji hasil belajar siswa dengan soal formatif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diberi pembelajaran fisika model diskusi dengan pembelajaran biasa; tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa dengan kecerdasan intrapersonal tinggi dan rendah; dan terdapat interaksi antara model pembelajaran diskusi dengan kecerdasan interpersonal siswa terhadap hasil belajar.

References

Suparno, Paul (2008), Teori Inteligensi Ganda dan Aplikasinya di Sekolah, Yogyakarta : Kanisius, p.41.

Tjokrodihardjo, Soegijo (2000), Diskusi Kelas, Surabaya : UNESA, p.5.

Gunawan, Adi W. (2007), Born to be a Genius, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama, p.114 115.

Prasetyo, Reza dan Yeni Andriani (2009), Multiply Your Multiple Intelligences, Yogyakarta : Andi, p.51-55.

Deta, Utama Alan, dkk (2009), Penerapan Teori Multiple Intelligences dalam Pembelajaran Fisika SMP Kelas VIII Semester 2 Bab Bunyi, diseminarkan dalam the International Seminar and Workshop on Mathematics and Science Teaching Innovation Committee di UNY Yogyakarta tahun 2009, p.3.

Ninggar, Dwi Fatimah C. (2011), Pengaruh Penerapan Tutor Sebaya (Peer Tutor) dalam Model Pembelajaran Diskusi terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Alat Optik Kelas VIII SMP Negeri 1 Karangrejo Magetan, Skripsi Tidak Dipublikasikan, Universitas Negeri Surabaya, p.63-64.

Arikunto, Suharsimi (2006), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VI), Jakarta : PT Rineka Cipta, p.86.

Downloads

Published

2012-06-14

How to Cite

Deta, U. A. and Suprapto, N. (2012) “PEMBELAJARAN FISIKA MODEL DISKUSI DITINJAU DARI KECERDASAN INTRAPERSONAL SISWA”, Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 2(1), pp. 30–36. doi: 10.26740/jpfa.v2n1.p30-36.

Issue

Section

Articles
Abstract views: 1156 , PDF Downloads: 793

Most read articles by the same author(s)