Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN Jambu Hilir Baluti 2 Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam

Authors

  • Syahroni Ejin

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p66-72

Keywords:

Model Problem Baseed Learning (PBL), Pemahaman Konsep, Keterampilan Berpikir Kritis.

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan melatih kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Jambu Hilir Baluti 2 melalui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi pencemaran dan etika lingkungan. Pembelajaran ini dirancang agar siswa menemukan sendiri pemecahan masalah melalui tindakan nyata. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang membandingkan siswa pada dua kelas yang diberi perlakuan yang berbeda. Rancangan penelitian menggunakan Counter Balanced Design. Subjek penelitian terdiri atas kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data penelitian dikumpulkan melalui instrument tes pemahaman konsep berbentuk pilihan ganda dan instrument tes untuk melatih kemampuan berpikir kritis berbentuk esai. Perangkat pembelajaran terdiri dari RPP, Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Tes Penguasaan Konsep dan Tes Keterampilan Berpikir Kritis, kemudian di validasi oleh pakar dan setelah dinyatakan valid dan layak, di uji cobakan pada siswa kelas IV SDN Jambu Hilir Baluti 2, pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukan bahwa validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak, keterlaksanaan RPP terlaksana dengan baik, aktivitas siswa mengalami peningkatan berpusat kepada siswa, respon siswa terhadap proses pembelajaran memberikan respon positif, seluruh siswa mencapai ketuntasan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran IPA berdasarkan model Problem Based Learning untuk melatihkan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa SD, telah valid, praktis dan efektif sehingga layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

 

Abstract

This study aims to train ability of understanding the concepts comprehension and critical thinking skills of fourth grade students of SDN Jambu Hilir Baluti 2 through use learning model Problem Based Learning in the matter of pollution and environmental ethics. This lesson is designed to enable students to find their own solutions through concrete actions. This type of research is an experimental study comparing students in two different classes be given treatment The study design using Counter Balanced Design. Subject of the study consisted of a control class and experimental class. The research data were collected through the instrument test the concept of multiple choice comprehension, and critical thinking in the form of an essay. Learning device consists of RPP, Activity Sheet Students, Test Mastery of Concepts and Skills Test Critical Thinking, then validated by experts and having been declared valid and appropriate, tested on grade IV SDN Jambu Hilir Baluti 2, in the first semester 2015/2016 academic year. The results showed that the validity of the learning device developed feasible, feasibility RPP performing well, increasing student-centered activities to students, student responses to the learning process gives a positive response, all students achieve mastery of concepts and critical thinking skills. Based on the results of data analysis can be concluded that the science teaching based on the model of Problem Based Learning to train mastery of concepts and critical thinking skills of elementary school students, have a valid, practical and effective so that used in learning activities.

References

Akcay, B. 2009. Problem Based Learning in Science Education. Journal of Turkish Science Education. Volume 6. Issue 1. April 2009. Diakses melalui http://www.tused.org pada tanggal 10 November 2014.

Dahar, R.W (1998). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Erlangga.
Ennis, R. 1996. Critical Thinking: What is it? Proceeding of the Forty-Eight. Annual Meeting of the Philosophy of Education Society: Denver.

Scharferman, S.D. 1999. An Introduction to critical thinking. Diakses melalui http://freeinquiry.com/critical-thinking.html pada tanggal 9 januari 2015.

Downloads

Published

2016-04-30

How to Cite

Ejin, S. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN Jambu Hilir Baluti 2 Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 1(1), 66–72. https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p66-72
Abstract views: 12588 , PDF Downloads: 3286