Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Prestasi Matematika Materi Peluang

Authors

  • Sukinah Sukinah SMPN 33 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp.v1n2.p190-204

Keywords:

Prestasi Belajar, Model Pembelajaran, Contextual Teaching and Learning.

Abstract

Abstrak

Bagaimanakah caranya agar peserta didik tidak melupakan materi pelajaran yang telah diterimanya agar peserta didik nantinya siap menghadapi ujian kenaikan kelas yang siap atau tidak siap harus mereka hadapi. Bagaimanakah membuat suatu materi ajar agar agar tidak terlupakan oleh anak didik. Dalam hal ini guru harus mencari metode untuk mengingatkan segala memori di benak peserta didik yang telah mereka terima. Guru harus bisa membangkitkan kembali memori itu.

Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (1) Bagaimana tingkat penguasaan materi pelajaran matematika peserta didik kelas IX E SMP Negeri 33 Surabaya tahun pelajaran 2013/2014? (2) Bagaimanakah tingkat penguasaan materi pelajaran matematika yang telah diterima peserta didik dalam menghadapi ujian kelulusan? (3) Bagaimanakah pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada materi pelajaran matematika yang telah dipelajari peserta didik kelas IX E SMP Negeri 33 Surabaya tahun pelajaran 2013/2014?

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui tingkat penguasaan materi pelajaran matematika peserta didik kelas IX E SMP Negeri 33 Surabaya tahun pelajaran 2013/2014. (2) Mengetahui tingkat penguasaan materi pelajaran matematika yang telah diterima peserta didik dalam menghadapi ujian kenaikan kelas. (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada materi pelajaran matematika yang telah dipelajari peserta didik kelas IX E SMP Negeri 33 Surabaya semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas IX E SMP Negeri 33 Surabaya tahun pelajaran 2013/2014. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika materi œPeluang. (2) Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik materi œPeluang yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar peserta didik dalam setiap siklus, yaitu siklus I 75,68, siklus II 100%. (3) Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik.

 

Abstract

How can my students not to forget the subject matter that has received so that learners will be ready to face the test of the increase in class ready or not they must face. How to create a teaching material in order not to be forgotten by the students. In this case the teachers should find methods to remind all the memory in the minds of learners they have received. Teachers should be able to revive the memory of it.

This study is based on the problem: (1) What level of mastery of the subject matter of mathematics learners E class IX SMP Negeri 33 Surabaya in the academic year 2013/2014? (2) How does the level of mastery of the subject matter of mathematics that has been accepted learners in the face of the graduation exam? (3) How will the learning model Contextual Teaching and Learning in the subject matter that has been studied mathematics learners E class IX SMP Negeri 33 Surabaya in the academic year 2013/2014?

The purpose of this study are: (1) Determine the level of mastery of the subject matter of mathematics learners E class IX SMP Negeri 33 Surabaya in the academic year 2013/2014. (2) Determine the level of mastery of the subject matter of mathematics that has been accepted students in the exam grade. (3) Determine the influence of the learning model Contextual Teaching and Learning in the subject matter that has been studied mathematics learners E class IX SMP Negeri 33 Surabaya semester of academic year 2013/2014.

This study uses action research (action research) as much as two rounds. Each round consists of four phases: design, activities and observation, reflection, and revision. Goal of this research is the students of class IX E SMP Negeri 33 Surabaya in the academic year 2013/2014. The data obtained as the result of formative tests, observation sheet teaching and learning activities.

From these results it can be concluded that (1) learning model Contextual Teaching and Learning can improve the quality of mathematics teaching material "Opportunities". (2) learning model Contextual Teaching and Learning has a positive impact in improving learning achievement of learners material "Opportunities" characterized by increased completeness of learners in each cycle, the first cycle of 75.68, the second cycle of 100%. (3) The application of learning models Contextual Teaching and Learning has a positive effect, which can improve the performance of learners.

 

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.

Ali, Muhammad. 1996. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindon.

Hadi, Sutrisno. 1982. Metodologi Research, Jilid 1. Yogyakarta: YP. Fak. Psikologi UGM.

Lee, W.R. 1985. Language Teaching Games and Contests. London: Oxfortd University Press.

Melvin, L. Siberman. 2004. Aktif Learning, 101 Cara Belajar Peserta didik Aktif. Bandung: Nusamedia dan Nuansa.

Sudjana, Nana. 1989. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2004. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Surakhmad, Winarno. 1990. Metode Pengajaran Nasional. Bandung: Jemmars.

Weed, Gretchen, E. 1971. Using Games in Teaching Children. ELEC Bulletin No. 32. Winter. Tokyo. Japan.

Rudi Hartono.2014. Ragam Mengajar Yang Mudah Diterima Murid. Jogyakarta: DIVA Press.

Trianto.2008. Mendesains Pembelajaran Kontekstual ( Contextual Teaching And Learning) Di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.

Kunandar. 2008. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Udin SaefudinSaud. 2008. Inovasi Pendidikan. Bandung: ALFABETA.
Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sukardi. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wina Sanjaya. 2007. Strategi Pembelajaran Beroreintasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Zubaidah Amir, Risnawati. 2016. Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : Aswaja Pressindo.

Downloads

Published

2017-01-15

How to Cite

Sukinah, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Prestasi Matematika Materi Peluang. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 1(2), 190–204. https://doi.org/10.26740/jp.v1n2.p190-204
Abstract views: 1903 , PDF Downloads: 505