Teknik Penguatan Dan Yel-Yel Motivasi Meningkatkan Semangat Belajar Peserta Didik Pada Jam-Jam Akhir Pelajaran

Authors

  • Endang Suasaningdyah SMPN 33 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp.v1n2.p113-123

Keywords:

Semangat Belajar, Yel-yel Motivasi, Jam-jam Akhir Pelajaran

Abstract

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk  mengetahui semangat belajar peserta didik sebelum dan setelah menggunakan penguatan dan yel-yel motivasi, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaannya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitiannya adalah peserta didik  kelas VII C SMPN 33 Surabaya  semester ganjil Tahun Pelajaran 2007 2008 yang berjumlah 38. Obyek penelitiannya adalah semangat belajar peserta didik. Prosedur yang dilakukan terbagi dalam bentuk siklus I dan siklus II,  setiap siklus terdiri atas  perencanaan, tindakan pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Analisis yang digunakan analisis deskriptif kualitatif. Hipotesis yang diajukan yaitu, penggunaan penguatan dan yel-yel motivasi pada jam-jam akhir pelajaran dapat meningkatkan semangat belajar peserta didik dalam iklim kelas yang menyenangkan.  Hasil analisis terhadap semangat, sebelum diberi penguatan dan yel-yel motivasi, semangat belajar peserta didik menurun pada jam-jam akhir pelajaran, terjadi peningkatan semangat setelah diberi teknik penguatan dan yel-yel motivasi disela-sela pembelajaran. Dalam  pelaksanaan penggunaan pada jam-jam akhir pelajaranan peserta didik terlalu bersemangat sehingga kelas disebelahnya merasa terganggu, dalam mengerjakan soal-soal latihanpun mengucapkan yel-yel motivasi, sehingga dikhawatrikan membuyarkan konsentrasi belajarnya. Berdasarkan hasil penelitian ini, hipotesa penggunaan penguatan dan yel-yel motivasi pada jam-jam akhir pelajaran dapat meningkatkan semangat belajar peserta didik dalam iklim kelas yang menyenangkan dapat diterima.

 

Abstract

The purpose of this research is to know the students anthusiasm before and after using the inforcement and the motivation yells, and to know the factors which influence the implementation. This research is the class action one. The subjects of the research are the students in class 7 C of SMPN 33 Surabaya in the odd semester in the learning year 2007 2008.  They are 38 students. The research object is the students anthusiasm. The performed procedure devided into cycle I and II, each cycle consists of planning, action, observing and reflection. The research used the qualitative descriptive analysis. The hypothesis of research is the usage of inforcement and motivation yells at the ending periods can increase the students anthusiasm in the learning process  in exciting situation. Based on the researchers onservation that the students anthusiasm at the ending lesson periods before given the inforcement and the motivation yells decreased, but their anthusiasm increased  after given the inforcement and the motivation yells for the learning process. Based on the research result that the hypothesis the usage of the inforcement and the motivation yells at the ending lesson periods can increase the students anthusiasm in exciting situation and they can be recieved welll.

References

Arikunto, Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta

Barnawi & Mohammad Arifin, 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Yogyakarta: ArRuzz

Hadiyanto, 2004. Mencari Sosok Desentralisasi Manajemen Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamzah B. Uno.2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hartono, Rudi, 2014. Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid. Jogjakarta: Diva press.

Hasibuan, Noedjiono, 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

http://ejournal.unesa.ac.id/article/2384/30/article.pdf. Diakses tanggal 10 Desember 2016. Jam 11.10

http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/viewFile/1174/1047. Diakses tanggal 10 Desember 2016. Jam 11.45

http://sutiada.blogspot.co.id/2012/11/teori belajar-perilaku.html. Diakses tanggal 9 Desember 2016. Jam 12.03.

Marno & M. Idris. (2014). Strategi, Metode, dan Teknik Mengajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kunandar, 2008. Guru Profesional. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.


Mulyasa, E. 2009. Praktek Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Sumadi Suryabrata. (2010). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pres.

Sanjaya, Wina, 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: kencana

Suparlan, 2008. Membangun Sekolah Efektif. Yogjakarta: Hikayat

Suud, Udin Saefudin, 2008. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Trianto, 2008. Mendesain Pembelajaran Konstektual (Consttectual Teaching and Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.

Wahab, Abdul Azis, 2008. Metode dan Model-Model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2017-01-15

How to Cite

Suasaningdyah, E. (2017). Teknik Penguatan Dan Yel-Yel Motivasi Meningkatkan Semangat Belajar Peserta Didik Pada Jam-Jam Akhir Pelajaran. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 1(2), 113–123. https://doi.org/10.26740/jp.v1n2.p113-123
Abstract views: 3622 , PDF Downloads: 6400